Bokori Soropia, Pulau Cantik Nan Romantis Cocok Untuk Berbulan Madu di Sulteng

masyy

Sumber foto: sindonews.com

Mencari tempat bulan madu bersama pasangan? Pasangan yang baru menikah sepertinya cocok jika berkunjung ke suatu tempat yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Selain memberikan ketenangan, tempat tersebut juga dapat memberikan yang indah dan uni. Sehingga memberikan kenangan setelah berbulan madu. Layaknya Bokori, pulau yang masih ‘virgin’.

Hamparan Pasir Putih dan Keunikan Pulau Bokori

Pulau Bokori merupakan pulau kecil yang hanya memiliki luas 2,7 hektar. Letaknya berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Pulau Bokori yang berada di tengah lautan ini akan membuat Anda tergila-gila dengan hamparan pasir putihnya yang sangat luas. Di Pulau Bokori, Anda masih mudah menemukan kerang-kerang dan bintang laut saat berjalan di pasir putih.

Bahkan, di Pulau Bokori pun memiliki lapangan yang bisa digunakan untuk bermain bola. Istimewanya, saat air laut pasang, lapangan tersebut akan berubah menjadi seperti danau yang berada di tengah lautan. Gulungan ombak di Pulau Bokori tak terlalu tinggi, sehingga Anda bisa berenang. Namun, jika Anda berenang ke tengah laut, tetaplah berhati-hati agar tidak menginjak bulu babi. Sore harinya, sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa memancing ikan atau mendayung mengitari pulau dan melihat birunya laut yang masih jernih dan tidak mudah keruh.

Pulau Bokori juga masih memiliki spot yang sayang untuk dilewatkan yakni puncak Padang Ilalang. Dari puncak Padang Ilalang, Anda bisa melihat kejauhan pulau Bokori dan pemandangan Desa Bajo. Desa Bajo dihuni oleh Suku Bajo, sebelumnya mereka adalah penduduk yang tinggal di Pulau Bokori. Etnis Suku Bajo inilah, yang menamakan Pulau Bokori. Asal katanya dari ‘Boko’ yaitu penyu.

Pertengahan tahun 1980, suku Bajo dipindahkan ke daratan karena Pulau Bokori dikabarkan akan tenggelam. Kini, mereka menempati lima desa di wilayah Kecamatan Soropia yakni Desa Bajo Indah, Desa Bajoe, Desa Mekar, Desa Leppe, dan Desa Bokori.

Fasilitas dan Cara Menuju Pulau Bokori

Pulau Bokori kembali diperkenalkan ke wisatawan di tahun 2015, sehingga fasilitasnya pun masih belum lengkap dan banyak. Ada beberapa cottage atau bungalow yang bisa Anda sewa. Kisaran harga menyewa cottage dalam satu hari yaitu mulai dari Rp750 ribu sampai dengan Rp1,5 juta dengan daya tampung sepuluh orang. Namun, jika kantong tidak mencukupi, Anda bisa mencoba bergaya ala backpacker dengan memasang tenda di pinggir pantai atau mengikatkan hammock. Berani?

Untuk menuju pulau Bokori terdapat dua alternatif yaitu melalui desa dan pelabuhan.

– Akses Melalui Desa

Dari Kendari, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum menuju Desa Bajo/Desa Mekar ataupun Desar Bokori untuk menuju pulau Bokori. Jika Anda memilih Desa Mekar, kurang lebih jaraknya 12 kilometer dari Kendari dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Kemudian dilanjut dengan menyewa perahu nelayan dalam waktu lima sampai sepuluh menit.

– Akses Melalui Pelabuhan

Akses yang mudah ke Pulau Bokori juga bisa Anda pilih dari Pelabuhan Nusantara Kendari, kapal akan menyeberangi lautan dan sampai di Pulau Bokori dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk biaya kapal harganya relatif berbeda-beda tergantung dari banyaknya penumpang, dan kapal yang digunakan. Umumnya, perorang dikenakan Rp15.000 hingga Rp20.000,- pulang pergi. Beberapa tahun lalu, Pulau Bokori belum dikenakan biaya retribusi atau karcis masuk, baru di tahun 2017 pengunjung harus membayar seharga Rp5.000,-. Meskipun belum memiliki banyak wahana permainan, setidaknya di Pulau Bokori Anda sudah bisa bermain banana boat, dan spead boat.

Festival Pulau Bokori

Jika ingin menambah cerita traveling atau berbulan madu, Anda bisa mengunjungi pulau Bokori di akhir bulan Oktober atau November, biasanya di bulan tersebut pemerintah Kendari mengadakan festival yang bertajuk ‘Pesona Pulau Bokori’.

Tahun lalu festival ‘Pesona Pulau Bokori’ diadakan selama dua hari mulai dari 29 – 30 Oktober 2016. Bokori Fishing, lomba balap perahu atau katinting suku Bajo, bola gotong, tarian tradisional lulo pantai ikut memeriahkan acara Festival Bokori. Antusias wisatawan dan masyarakat pun terlihat, misalkan saja pada ‘Bokori Fishing Competition’ sebanyak 168 peserta mengikuti lomba tersebut.

Tertarik untuk berkunjung ke Pulau Bokori sambil melihat festival ‘Pesona Pulau Bokori’? Anda dapat mulai mencari harga promo tiket pesawat dari sekarang. Agar lebih praktis dan dapat mengakses di mana saja, lebih baik pesan tiket pesawat online saja melalui Reservasi.com.

Tips sebelum Anda pergi ke Pulau Bokori, meskipun akses jalan terhitung mudah dan cepat, sebaiknya Anda tetap mempersiapkan makanan dan kebutuhan pribadi yang lengkap. Mengingat di Pulau Bokori masih sedikit penduduk yang berjualan. Jangan lupa juga mengabadikan setiap spot yang ada di Pulau Bokori dan tetap jaga kebersihan dan keindahan alami tempat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *